Jangan Lewatkan Oleh-oleh Lokal Cita Rasa Asli Malang Raya

MALANGTODAY.NET – Kehadiran oleh-oleh kekinian yang menghadirkan konsep lokal – modern belakangan ini menyita lebih banyak perhatian. Namun perlu ZensTODAY tahu, di samping oleh-oleh kekinian itu, ada oleh-oleh lokal yang sudah bertahan sejak dahulu kala di Malang Raya. Terlebih kalau bicara rasa, lokal tak kalah mentereng dari para kekinian. Cita rasa asli dan nama besar yang sudah bertahun-tahun menjejali benak warga Malang Raya rasanya sulit untuk ditandingi.

Nggak perlu nunggu lebih lama, deh. Yuk intip oleh-oleh lokal asli Malang yang sudah melegenda sejak Nyonya Meneer belum berdiri sempurna.

Baca Juga: 5 Tempat Pesugihan Paling Populer di Jawa

Keripik Tempe

Keripik Tempe
Ilustrasi keripik Tempe @Nanda/MalangTODAY

Bicara Malang rasanya kurang afdhol jika tak bicara keripik tempe. Lokalitas oleh-oleh ini sudah terbentuk dari adanya sentra industri tempe yang diakui secara luas.

Kripik tempe Malang diproses oleh tenaga ahli. Kualitas tempenya yang berbeda dari daerah lain menghasilkan cita rasa absolut dengan kelezatan yang menggugah iman.

Untuk mendapatkannya cukup mudah. Di berbagai sentra oleh-oleh Malang pasti menyediakan keripik tempe.

Bakso Frozen

Bakso Frozen
Ilustrasi Bakso Frozen @Nanda/MalangTODAY

Malang terkenal dengan baksonya. Bakso Malang adalah salah satu makanan favorit warga Malang. Namun yang jadi soal adalah bakso Malang kebanyakan hanya bisa dimakan di tempat saja.

Maka dari itu, mungkin kamu bisa jadikan bakso frozen sebagai oleh-oleh khas Malang. Sangat direkomendasikan, karena produknya sendiri diluncurkan oleh salah satu bakso terkenal di Malang.

Jika ingin lebih mudah, kamu bisa dapatkan bakso frozen ini di Bakso Presiden Malang yang legendaris itu.

Marning

Marning
Ilustrasi Marning @MalangTODAY

Marning ini adalah olahan jagung yang dibuat dari butiran jagung kering yang dipanaskan dengan minyak. Sepintas mirip pop corn. Makanya banyak yang menganggap marning sebagai pop corn Jawa.

Baca Juga  Wahai Anak Kos. Berhematlah dengan Belanja di Pasar

Namun soal rasa, marning lebih berisi dan memuaskan ketimbang pop corn. Sensasi renyahnya yang ciamik ditanbah varian rasa yang makin beragam, marning cocok dijadikan oleh-oleh.

Baca Juga  Wahai Anak Kos. Berhematlah dengan Belanja di Pasar

Untuk mendapatkannya nggak perlu bingung. Setiap sentra oleh-oleh dipastikan menyediakan marning.

Baca Juga: 5 Tempat Pesugihan Paling Populer di Jawa

Olahan Buah

Olahan Buah
Ilustrasi Olahan Buah @Nanda/MalangTODAY

Letak Malang yang strategis di dataran tinggi dan diapit pegunungan membuat lahannya tumbuh subur ditumbuhi aneka macam buah. Peluang ini yang kemudian dijadikan industri untuk mengkreasikan aneka macam olahan buah.

Mulai dari kripik, jenang/dodol, minuman sari buah, hingga pia adalah beberapa produk yang jadi andalah dari olahan buah ini.

Dan kalian tetao nggak perlu khawatir, karena sentra oleh-oleh di Malang Raya sudah dipastikan punya stok ini.

Telur Asin Asap

Telur Asin Asap
Ilustrasi Telur Asin Asap @Nanda/MalangTODAY

Kalau ini lain daripada yang lain. Jika selama ini kamu mengenal telur asin sebagai produk dari khas Brebes, kamu juga perlu tahu kalau Malang juga punya industri telur asin sendiri. Dan uniknya, ada varian bernama telur asin asap. Gimana tuh?

Cukup sederhana sebenarnya, yaitu telur asin yang sudah jadi dimasukkan di drum untuk diasapi. Pengasapan ini membutuhkan waktu 6-8 jam, lho. Oh iya satu lagi, harga yang dipatok tentu saja lebih mahal daripada harga telur asin biasa.

Lokasinya? Kamu bisa dapatkan di desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Segera dapatkan dan rasakan sensasinya.

Kopi

Kopi
Ilustrasi Kopi @Nanda/MalangTODAY

Jika kamu pecinta kopi sejati, kamu perlu tahu kalau sebenarnya Malang memiliki pabrik olahan biji kopi yang sudah dikenal dimana-mana. Salah satu yang familiar adalah Kopi Sido Mulia.

Aroma kopinya yang dahsyat dan rasanya yang ciamik membuat orang-orang banyak yang mencarinya untuk dijadikan oleh-oleh kala berkunjung ke Malang.

Baca Juga  5 Menu Makanan Ini Harus Dicoba di Warung Prasmanan

Kamu bisa dapatkan kopi Sido Mulia ini di kota Malang, tepatnya di JL HOS Cokroaminoto No. 2A-2B

Baca Juga: 5 Tempat Pesugihan Paling Populer di Jawa

Teh Naga

Teh Naga
Ilustrasi Teh Naga @Nanda/MalangTODAY

Malang juga terkenal dengan kebun tehnya yang berada di Lawang, sebuah daerah yang berada di pintu masuk Malang dari sisi utara.

Teh Naga adalah salah satu legenda yang patut direkomendasikan untuk dijadikan oleh-oleh dari Malang. Aroma wangi fan cita rasa khas akan terasa langsung saat kamu menyesapnya.

Baca Juga  7 Tempat Makan Hits Kota Malang yang Cocok Buat Maba

Oh iya, persebaran teh ini hanya ada di Lawang jadi kamu harus ke Lawang untuk memborongnya.

Susu KUD

Susu KUD
Ilustrasi Susu KUD @Nanda/MalangTODAY

Susu segar yang diperah langsung dari sapi ini adalah nikmat dari sensasi kesegaran di kawasan pedesaan di kota Batu.

Susu ini diolah dengan perawatan khusus yang dapat membuat kamu jatuh hati. Ada aneka ragan varian rasa yang bisa kamu dapatkan.

Untuk tempatnya, kamu bisa mengunjungi kota Batu atau kawasan Pujon yang menyediakan aneka ragam susu sapi kualitas tinggi.


Karet Bungkus: Swara Mardika
Penulis: Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar
Ilustrasi: Nanda Tri Pamungkas

Berita Terbaru

Related Articles