Jangan Cuma Tau Enak dan Gurih, Begini Sejarah Cake Sesungguhnya

MALANGTODAY.NET – Gurih, manis, dan renyah merupakan gambaran yang pasti terlintas di pikiran kamu ketika berbcara mengenai cake. Jangan cuma tau enaknya aja ya, sudah pada tau belum kalau sejarah cake ternyata melalui proses yang sangat panjang?

Kalau belum, yuk simak artikel berikut yang akan memapaparkan mengenai sejarah cake.

Menurut informasi yang tertera di usahabakery.com, sejarah cake berawal dari masyarakat Mesir kuno. Bentuk cake sendiri awalnya menyerupai roti dengan rasa manisnya yang berasal dari madu. Kala itu, sejarah cake dibuat hanya sekedar untuk memperingati ritual upacara keagamaan.

Baca Juga: Ngeri Atau Ngawur, Roy Kiyoshi Prediksi Bencana Alam Indonesia 7 Bulan Lalu?

Ada juga beberapa masyarakat yang menyajikan cake secara khusus, seperti halnya memperingati hari bersejarah dalam kehidupan manusia seperti hari kelahiran, perkawinan, dan bahkan di sajikan saat ada kematian, sebagai kue spesial untuk penghormatan bagi orang-orang tercinta.

Sejak diketemukannya baking powder pada abad 19 sebagai bahan pengembang, mutu dan rasa panganan yang satu ini telah jauh berbeda. Ditambah wawasan yang makin berkembang, masyarakat modern juga mulai menambahkan macam-macam bahan dan cita rasa sehingga seperti cake yang dikenal saat ini.

Jangan Cuma Tau Enak dan Gurih, Begini Sejarah Cake Sesungguhnya
Ilustrasi sejarah cake @ Cake Recipe

Di Eropa sendiri, setiap negara sedikitnya memiliki satu jenis cake yang demikian istimewanya hingga terkenal di diseluruh dunia. Bahkan, cake telah memiliki banyak nama diberbagai dunia terutama penjuru Eropa dengan berbagai bentuk.

Baca Juga: Inilah 5 Stuntman yang Tewas saat Jalani Syuting! Ih, Ada yang Tewas Seketika

Misalnya saja Sachertorte dari Austria, Dobos Torte dari Hongaria, Fruit Cake dari Inggris, Shwarz Walder Kirch Torte dari Jerman, Torta Genovese dari Italia dan Moscovische Tulban dari Belanda.

Baca Juga  Sadar Peraturan Berkendara, Sayangi Nyawa dan Keluarga
Baca Juga  Maraknya Penyiksaan Binatang, Ketua KRI Jawa Timur Angkat Bicara

Selanjutnya, bangsa Eropa mulai banyak menjelajahi penjuru dunia. Itu juga menjadi  faktor yang membuat cake semakin luas penyebarannya. Salah satunya ialah pada daratan Amerika, dimana masyarakat mengenal Cheese Cake sebagai kue khas negara Paman Sam tersebut.

Baca Juga: Young Lex Babak Belur, Netizen Malah Bikin Meme

Di Indonesia sendiri, cake diperkenalkan oleh bangsa Belanda selama masa penjajahan. Sampai sekarang kita bisa banyak menemukan resep cake yang beragam di seluruh Indonesia termasuk Kota Malang.


Karet Bungkus: Swara Mardika
Penulis: Ilham
Editor: Swara Mardika
Ilustrasi: Nanda Tri Pamungkas

Berita Terbaru

Related Articles