Ironi Bioskop Merdeka, Bangunan Gagah yang Kini Tinggal Puing

MALANGTODAY.NET – Berdiri di pusat Kota Malang, Bioskop Merdeka menyimpan cerita tersendiri bagi penikmat sinema di Kota Bunga ini. Jika sebelumnya Kelud adalah bioskop rakyat yang dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat, maka Merdeka adalah versi modern dari kelas menengah ke bawah.

Bioskop Merdeka pernah berdiri gagah di kawasan Kayutangan, tepatnya di Jalan Basuki Rachmat. Namun jika ZensTODAY kini mencoba untuk melihatnya, tentunya akan sia-sia. Sebabnya, bioskop tersebut kini hanya menjadi puing-puing bangunan saja. Hal yang amat disayangkan mengingat bangunan tersebut merupakan cagar budaya yang sepatutnya dilestarikan oleh Pemerintah Kota Malang.

Baca Juga: Senja Kala Bioskop Kelud, Legenda Misbar yang Ingin Dikenang Sepanjang Masa

“Jika dibiarkan, pembongkaran bangunan Bioskop Merdeka bisa terjadi terhadap bangunan kuno lain di Kota Malang. Seharusnya, Pemkot Malang bisa melindungi bangunan bersejarah yang ada di Kota Malang,” terang pemerhati Cagar Budaya Kota Malang, Dwi Cahyono, dikutip Surya.co.id, pada 2014 silam.

Bioskop Merdeka sendiri berdiri sejak tahun 1928 dan ditetapkan sebagai 180 cagar budaya di Malang. Bahkan meski sudah tidak beroperasi, bangunan ini pernah dialihfungsikan menjadi pujasera sebelum diruntuhkan pada tahun 2014. Kabarnya, bangunan ini akan digantikan hotel.

Sebelum bernama Bioskop Merdeka, bioskop ini bernama Roxy Theater hingga tahun 1952. Pesona Merdeka perlahan luntur seiring dengan munculnya Bioskop 21 yang menghadirkan film-film terbaru dengan kualitas wahid. Pamornya benar-benar habis kala itu.

Baca Juga: Dari Peduli Lingkungan, Bank Sampah Malang Lahir

Ironisnya, bioskop yang tinggal puing tersebut sempat dilahap oleh si jago merah pada 2017 lalu. Bahkan sebelum benar-benar dirobohkan, terjadi sengketa kepemilikan antara pemilik yang berlangsung sejak 1984.

Selamat jalan, Bioskop Merdeka!


Penulis: Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar

Berita Terbaru

Baca Juga  Maraknya Penyiksaan Binatang, Ketua KRI Jawa Timur Angkat Bicara

Related Articles