Temukan Hoax Bertebaran? Segera Laporkan Pihak Berwajib!
Ilustrasi lapor berita hoax @Nanda/MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Maraknya penyebaran berita palsu alias hoax di kalangan masyarakat Indonesia saat ini tentunya meresahkan masyarakat. Di masa kemajuan teknologi yang kian mutakhir ini, penyebaran info palsu melaju cepat dan menyebar bagai virus mematikan. Terlebih lagi di zaman yang dituntut serba cepat ini, manusia cenderung menerima informasi begitu saja sebelum mengecek kebenarannya lebih dulu.

Sejauh ini, pemerintah sedang gencar melakukan sosialisasi untuk menangkal hoax. Selain itu, pemerintah juga telah menetapkan Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) guna menyikapi berita bohong yang merajalela. Sanksi dan hukuman pun sudah menantikan mereka yang dengan sengaja menyebarkan berita palsu.

Baca Juga: Ingin Terhindar dari Hoaks? Begini Cara Bedakannya!

Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Kasubag Humas Polres Malang Kota, Ipda Ni Made Seruni Marhaeni. Hingga kini, kepolisian telah membuka layanan masyarakat untuk pelaporan konten bohong.

“Sebetulnya bisa lapor, begitu kena korban hoax misalnya pencemaran nama baik, tinggal lapor saja ke SPKT (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu). Tapi dengan melampirkan bukti. Setelah dilaporkan ke SPKT nanti akan diarahkan ke fungsi reskrim untuk ditindaklanjuti,” ujar Kasubag Humas tersebut.

Tak hanya itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) juga telah melakukan upaya untuk menanggulangi penyebarluasan berita palsu tersebut. Salah satunya dengan membuka email aduan yang berisi laporan masyarakat akan penyebaran berita palsu.

Baca Juga: 5 Orang Terkenal yang Pernah Diserang Berita Hoax, No. 3 Paling Parah

Dilansir dari website resmi Kominfo, cara yang bisa ditempuh masyarakat untuk melaporkan hoax adalah dengan melakukan screen capture disertai url link untuk kemudian dikirim ke email aduankonten@mail.kominfo.go.id. Pihak kementerian akan merahasiakan identitas pelapor dan aduan konten dapat dilihat di laman trustpositif.kominfo.go.id.

Silahkan dicoba, ZensTODAY!


Karet Bungkus: Jazilatul Humda
Penulis: Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar
Ilustrasi: Nanda Tri Pamungkas

Loading...