Fakta! Anak Kost Malang Suka Praktis dan Doyan Mie Instan Garis Keras!
Fakta Anak Kost Malang Suka Praktis dan Doyan Mie Instan Garis Keras @ MalangTODAY/Nanda Tri Pamungkas

MALANGTODAY.NET – Rata-rata anak kost pada umumnya, kita seringkali dihadapkan pada dilema pilihan makanan untuk dikonsumsi sehari-hari. Pada akhirnya, pertimbangan harga lebih diutamakan di atas rasa dan kandungan gizi di dalamnya.

Hal ini sama sekali tak mengherankan karena anak kost pada umumnya hidup dengan budget pas-pasan untuk bertahan hidup.

Namun bukan berarti anak kostan tak paham tentang pentingnya gizi untuk tubuh. Berdasarkan data yang dihimpun oleh MalangTODAY, hampir 90 persen dari responden anak kost mengaku tahu dan sadar akan pentingnya gizi seimbang untuk anak kost.

Umumnya, mereka menilai bahwa makanan dengan gizi seimbang adalah yang 4 sehat 5 sempurna. Sisanya tidak menyebutkan 4 sehat 5 sempurna secara eksplisit, melainkan dengan menilai takaran gizi dan nutrisi di masing-masing makanan.

Anung, mahasiswa UB menilai bahwa mempertimbangkan gizi itu penting saat makan. Maka dari itu, walaupun ia kost, ia berusaha menjaga pola konsumsi makannya agar terjaga dengan baik di tengah aktivitasnya yang sangat padat.

Baca Juga: Dari Siti Badriah Sampai Super Junior, Intip Kemegahan Penutupan Asian Games 2018

“Jadi karena saya anak kost, saya berusaha memenuhi nutrisi dengan cara yang wajar. Saya juga ikut program konsumsi makanan sehat dengan harga murah,” tuturnya.

Meski demikian, bukan berarti anak kostan dapat memenuhi kandungan gizi itu dengan tepat. Sebabnya, efisiensi waktu lebih mereka kedepankan ketimbang pertimbangan gizi. Alhasil, banyak sekali anak kostan yang lebih memilih membeli makanan daripada memasaknya sendiri.

Terlepas dari bisa masak atau tidak, mereka yang gemar membeli makanan ketimbang mengolahnya sendiri cenderung menginginkan hal yang praktis, cepat, dan jelas harganya.

Hal ini diutarakan oleh Adel, salah satu responden anak kost mahasiswa UM Malang. Berdasarkan penuturannya, walaupun ia mahir memasak namun ia lebih suka beli makanan. Alasannya adalah harganya yang pasti.

Baca Juga: Cuma 5 Jutaan! Ini 5 Rekomendasi Laptop Dewa untuk Mahasiswa

“Kalau beli bahan sendiri itu, apa ya, kaya kamu itu belum tahu seberapa banyak kamu keluarin duit buat belanja. Belum juga harga-harga naik. Kalau di warung, kita nggak mikir yang lain gitu. Cukup bayar dan makan. Selesai.” tukas mahasiswi yang tinggal di Apartemen Soekarno – Hatta ini.

Baca Juga  Mengenal Kue Pie, Si Imut yang Ternyata Sudah Berumur Ribuan Tahun
Mie Instan Nomor 1

Jika bicara makanan favorit anak kost, mungkin mie instan adalah jawaban yang sangat tepat. Percaya nggak percaya, setiap kamar kost setidaknya memiliki stok mie instan sendiri. Hal ini tujuannya adalah agar bisa menjaga diri tetap bertenaga saat tak memiliki uang lagi.

Baca Juga: Terlalu Sombong, Ahmad Dhani Ditantang Duel Bakal Calon Legislatif dari Malang

Sebanyak 67 persen responden MalangTODAY mengatakan bahwa mereka sering mengonsumsi mie instan. Jumlah konsumsinya normalnya mencapai 1-3 bungkus per minggunya.

Terlepas dari gizinya, mie instan menjadi alternatif makanan anak kostan karena harganya yang murah. Rudi, salah satu anak kost di daerah Dieng menilai bahwa mie instan selalu jadi pilihannya setiap belanja bulanan karena rasanya yang enak dan harganya murah.


Karet Bungkus: Nanda Tri Pamungkas
Penulis: Rakata Iskandar
Editor: Raka Iskandar
Ilustrasi: Nanda Tri Pamungkas

Loading...