Dari Perpecahan hingga Adu Domba, Ini Efek dari Berita Hoax
Ilustrasi berita hoax@Nanda Tri Pamungkas/MalangTODAY.net

MALANGTODAY.NET– Rabu, 3 Oktober 2018 menjadi salah satu hari paling bersejarah dalam kehidupan Ratna Sarumpaet. Di hari itu, dirinya dengan tetesan air mata mengaku jika kabar penganiyayan yang membuat wajahnya lebam hanyalah hoax.

Sebelumnya, dirinya mengaku jika lebam yang ada diwajahnya diakibatkan pemukulan yang dilakukan oleh orang yang tidak dikenal. Namun faktnya, dirinya melakukan operasi bedah plastik. Hoax itu pun terpaksa Ratna Sarumpaet buat sebagai alasan di depan anak-anaknya.

Baca Juga: Makin Marak, Hoax Justru Laris Manis di Kalangan Terdidik

Berbagai hujatan, cacian seta makian ramai-ramai dilakukan oleh warganet untuk melapiaskan kekesalan terhadap Ratna Sarumpaet. Atas penyebaran berita hoax, dirinya mundur dari  tim pemenangan Prabowo-Sandiaga sebagai juru kampanye nasional nomor urut 42. Selain itu, dirinya juga terancam mendekam di balik jeruji dingin penjara atas perbuatannya.

Ratna Sarumpaet bukan satu-satunya contoh bagaimana bahayanya berita hoax. Masih banyak Ratna Sarumpaet lainnya yang ada diluar sana. Entah sebagai pelaku maupun korban dari berita hoax.

Pada dasarnya berita hoax sangatlah merugikan, bahkan orang yang tidak ada sangkut pautnya dengan pemberitaan tersebut juga bisa terdampak olehnya. Kepala Dinas Kominfo Kota Malang Zulkifli Amrizal, S.Sos, M.Si menjelaskan jika dampak lebih besarnya berita hoax bisa menjadi sumber perpecahan.

“Saya kira efek hoax itu dapat menimbulkan fitnah yang menimbulkan kebencian,  adu domba,  saling menjelek jelekkan, saling mencurigai dan pada akhirnya bisa memecah belah bangsa, bahkan bisa menyebabkan pertumpahan darah apabila itu dibiarkan,” tegas Zulkifli kepada MalangTODAY beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Inilah Mengapa Hoaks Sangat Mudah Viral

Bangsa Indonesia yang plural sangat mudah diadu domba, terlebih dengan mengangat isu-isu sensitif seperti Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan (SARA). Sebagai bangsa yang memiliki peradaban yang tinggi, Indonesia tentunya tak mudah untuk dipecah belah dengan berita hoax.

Perlu adanya edukasi terdahap masyarakat bagaimana pentingnya mem-filter informasi-informasi yang diperoleh. Jangan mudah percaya terhadap berita-berita yang tersebar di media-media sosial. Dan jangan menyebar luaskan berita yang belum pasti asal usulnya.


Karet Bungkus : Jazilatul Humda
Reporter : Jazilatul Humda
Penulis : Endra Kurniwan
Editor : Endra Kurniwan
Ilustrator : Nanda Tri Pamungkas

Loading...