Dari Peduli Lingkungan, Bank Sampah Malang Lahir
Bank Sampah Malang @Jazila/MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Untuk mewujudkan Kota Malang bersih dan sehat salah satunya adalah dengan cara meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan. Saat ini kesadaran masyarakat Malang Raya tentang lingkungan yang bersih dan tampak sudah semakin meningkat, terutama kepedulian mereka terhadap penggunaan plastik.

Hal ini tidak terlepas dari Peran bank sampah Malang (BSM), suatu lembaga yang berbadan hukum koperasi yang difasilitasi oleh pemerintah kota Malang melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan yang bergerak dalam hal pemberdayaan pengolahan sampah.

Baca Juga: Sudah Parah, 5 Fakta Sampah Plastik Ini Bikin Kamu Tercengang!

“BSM pertama kali digagas pada tahun 2012 lalu, oleh tokoh yang peduli lingkungan terutama bagaimana agar sampah buangan itu bisa dirubah agar menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis,” ujar direktur BSM Kartika Ikasari.

Diceritakan oleh Tika BSM dirintis oleh para tokoh di kota Malang, yaitu Wali Kota Malang pada saat itu Peni suparto dinas kebersihan dan pertamanan serta ketua TP PKK yang pada waktu itu dipegang oleh Hj. Heri Pudji Utami .

“Berkat hasil kerjasama para tokoh masyarakat tersebut akhirnya BSM terwujud dan memiliki instruktur yang lengkap dan memiliki manajemen yang baik,”

Seiring berjalannya waktu BSM menjadi Mitra kota Malang dalam hal membina, melatih, dan mendampingi masyarakat dalam mengolah sampah dengan cara 3R yaitu reduce, reuse dan recycle.

“Kami juga memiliki sistem usaha yang profesional. Sarana kami juga lengkap, seperti alat timbang, mesin penghancur botol plastik, mesin pembersih, juga alat angkut baik skala kecil dan besar,” kata wanita yang akrab disapa Tika itu.

Baca Juga: Waspada, Plastik Sudah Ditemukan dalam Tubuh Manusia

“Selain itu BSM juga memiliki kantor dan unit unit cabang binaan, gudang serta memiliki jaringan distribusi produksi akhir sampah, jadi kita bekerjasama dengan beberapa pabrik dalam pengolahan sampahnya,” jelas Tika kepada reporter malangtoday.net saat ditemui di BSM.

Tidak hanya itu untuk melakukan sosialisasi gerakan lingkungan bersih dan sehat BSM juga melakukan pembinaan kepada sekolah-sekolah yang ada di wilayah Malang Raya.

Baca Juga  Problematika Pencemaran Sungai Bagi Makhluk Hidup Hingga Lingkungan

Reporter: Jazilatul Humda
Editor: Raka Iskandar

Loading...