Ilustrasi bully @MalangTODAY/NAnda Tri Pamungkas
Ilustrasi bully @MalangTODAY/NAnda Tri Pamungkas

MALANGTODAY.NET Bully merupakan tindakan buruk yang bisa terjadi kepada siapapun, bahkan seseorang dalam kelompok tertentu. Seperti yang terjadi pada Wardatul Mufidah yang tergabung dalam Komunitas One Piece Kolektor Indonesia (KOPKI) regional Malang.

Sebagai seseorang yang pernah merasakan bully, menurutnya bully merupakan suatu tindakan yang sangat buruk untuk dilakukan. Sekalipun hanya becanda namun tindakan tersebut tetap salah alias tidak dibenarkan sama sekali.

Baca Juga: Mengenal Cyberbullying, Intimidasi Dunia Maya yang Begitu Mengerikan

“Menurutku sih, kita kan gak tau ya (korban) yang di bully akan tertekan atau gak, walaupun bercanda tapi bully tetap gak pantes”, ujarnya saat ditemui MalangTODAY.net, Senin (17/9/2018).

Bukan suatu hal yang mudah untuk dapat bisa menyatukan pikiran di suatu kelompok yang dalam hal ini ialah komunitas. Apalagi jika kita memiliki kekurangan tertentu dalam kelompok tersebut, sehingga membuat kita jadi sedikit kurang percaya diri.

Terlebih jika seorang lain merasa dirinya besar dan cenderung menindas yang lainnya, maka bisa terjadi bully. Seperti yang dikatakan Fidah (panggilan akrabnya), Bukan hal yang mustahil jika orang tersebut depresi bahkan menjauhi lingkungan disekitarnya.

“Kalau orang tersebut (korban bully) sedih dan terpukul, bisa mempengaruhi orang tersebut jadi tidak percaya diri dan bisa (membuat korban) tidak berani ikut kumpul komunitas (yang diikutinya) lagi nanti jadinya”, tuturnya.

Baca Juga: Jackie Chan hingga Lady Gaga, 8 Artis Internasional Ini Pernah Jadi Korban Bully

Namun bully bisa juga berdampak positif bagi kehidupan kita. Perlu diingat, orang yang melakukan bully belum tentu lebih baik dari orang atau korban yang di-bully. Bully justru bisa menjadi motivasi bagi orang yang menjadi korban bully asal tidak berlarut-larut dalam emosinya. Bahkan Fidah juga mengatakan bukan tidak mungkin perilakunya yang dirasa kurang akan bisa jauh  lebih baik.

“Kalau seseorang tersebut di-bully dan bisa menerima terus memperbaiki dirinya. Itu sisi baiknya”, ungkapnya.

Kepada siapapun dan dalam bentuk apapun bully bukanlah merupakan suatu tindakan yang baik. Jika memang benci pada seseorang, sebaiknya lakukanlah dengan sopan dan tidak menyinggung apalagi sampai di bully.


Karet Bungkus: Ilham Musyafa
Ilustrator: Nanda Tri Pamungkas
Reporter: Dhimas Fikri
Penulis: Ilham Musyafa
Editor: Ilham Musyafa

Loading...