Biadab! Ini Dia Kasus-kasus Penyiksaan Hewan di Indonesia

    BUNGKUS: FAUNA
Kasus penyiksaan hewan masih marak terjadi di Indonesia, bukan hanya hewan peliharaan saja, hewan dilindungipun tak luput menjadi korban oknum-oknum tak bertanggung jawab

MALANGTODAY.NET – Seyogyanya kita sebagai manusia seharusnya memiliki rasa peri kemanusiaan yang amat tinggi. Tak hanya itu, sepantasnya bagi kita untuk memperlakukan sesama makhluk hidup dengan baik.

Namun hal demikian masih menjadi sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Sejak zaman dahulu kala, manusia selalu merasa lebih superior ketimbang makhluk hidup lainnya. Salah satu contohnya adalah hewan.

Tercatat dalam sejarah peradaban manusia, beberapa kali terjadi kasus kejahatan berupa penyiksaan kepada hewan. Beberapa diantaranya malah tidak ada motif yang jelas ketika melakukan penyiksaan.

Maka dari itu, disini kami hendak merangkum 5 kasus penyiksaan hewan oleh manusia yang sempat heboh di Indonesia beberapa waktu lalu.

Baca Juga: 10 Peraturan Perundang-undangan yang Melindungi Fauna di Indonesia

1. Kucing hutan dikuliti

Penyiksaan kucing hutan (Istimewa)

Beberapa waktu lalu netizen dihebohkan dengan sebuah foto keji yang diunggah seorang mahasiswi Jember. Dalam foto tersebut nampak dua ekor kucing hutan yang mati dengan seutas tali di leher mereka. Tak cuma gambarnya yang memancing amarah, mahasiswa bernama Ida Tri Susanti ini juga menambahkan caption “Hasil berburu hari ini… nyam… nyam…” Tak pelak netizen pun ramai-ramai menghujat si pemilik akun tersebut.

Tak lama setelah foto ini viral, diketahui jika si pelaku ini akhirnya ditangkap pihak kepolisian setempat. Sebelum itu muncul juga sebuah petisi online yang intinya ingin perbuatan keji tersebut bisa mendapatkan hukuman. Tujuannya tentu agar jadi pelajaran, serta menjaga juga eksistensi kucing hutan agar tetap lestari dengan jumlahnya yang kian tahun makin berkurang itu.

2. Monyet Dibunuh dan Dibuat Lelucon

Monyet dibunuh dan dibuat lelucon (Istimewa)

Foto seekor monyet hutan yang telah mati tersebar di media sosial dan membuat publik geram. Sebab, mulut bangkai monyet Sumatera itu dijejali rokok serta kepalanya dipasangi corong plastik berwarna biru.

Tampak dua kayu panjang menembus leher monyet malang tersebut hingga tewas. Sementara itu, foto lain menunjukkan seorang pria berbaju merah membawa senapan tembak yang diduga sebagai pembunuh monyet hutan itu.

3. Jadikan kucing sebagai bola tendangan

Jadikan kucing sebagai bola (Istimewa)

Sebuah video penyiksaan terhadap kucing beredar di Instagram. Video yang menampilkan 3 orang laki-laki dengan seekor kucing. Dalam video tersebut seorang laki-laki terlihat menendang-nendang kucing ke atas, sementara kedua orang lainnya hanya tertawa-tawa.

Baca Juga: Peduli Lingkungan dan Fauna Lewat Musik Ala Navicula

Setelah mendapat kecaman dari berbagai pihak, termasik dari Doni, akhirnya sang pelaku meminta maaf melalui video yang diunggah di akun Instagram Doni. Mereka juga mengikutsertakan kucing yang mereka jadikan bahan bercanda—kucing itu terlihat baik-baik saja.

4. Anjing dipukul dan dicekik pemiliknya

Anjing dipukul dan dicekik pemiliknya (Istimewa)

Pada awal April 2017, sebuah video penyiksaan anjing beredar di media sosial. Dalam video tersebut, seekor anjing bernama Bruno dipukul dan dicekik oleh pemiliknya. Salah seorang warga yang menyaksikan penyiksaan tersebut mengadukannya ke LSM Garda Satwa Indonesia dan Polsek Kebun Jeruk, Jakarta Barat.

Tak ada perlawanan dari pemilik Bruno saat kediamannya didatangi oleh tim Garda Satwa Indonesia dan personel kepolisian. Dia hanya membela diri bahwa aksi pemukulan itu untuk mendidik Bruno. Namun polisi dan saksi pelapor menilai, pemukulan itu dilakukan sebagai bentuk penyiksaan.

5. Kuda kelelahan dicambuki

Kuda kelelahan dicambuki (Istimewa)

Bekerja terus menerus memang melelahkan, adakalanya perlu berhenti sejenak untuk beristirahat. Hal tersebut tidak hanya berlaku bagi manusia, hewan juga memiliki rasa lelah bila terus menerus diforsir tenaganya. Seperti yang terekam pada video yang beredar di media sosial

Dalam video terlihat seekor kuda yang tengah tergeletak di jalan dengan kaitan delman di tubuhnya. Kuda tersebut tampak kesulitan untuk berdiri. Melihat kuda tersebut tergeletak, seorang pria malah mencambuknya berkali-kali. Setelah beberapa lama kuda itupun akhirnya dapat berdiri kembali. Diketahui peristiwa itu terjadi wilayah Kampung Utan, Citayam, Depok, Jawa Barat.

Baca Juga: Satwa Buas Masuk ke Perkampungan, Salah Siapa?

6. Rusa diberi alkohol di Taman Safari

Rusa diberi alkohol di Taman Safari (Istimewa)

Beredar video di akun instagram @alyccaaa menunjukkan bagaimana seorang pengunjung Taman Safari, Bogor memberikan minuman keras (miras) kepada hewan yang ada disana. Video tersebut telah dilihat lebih dari 43.000 warganet sejak diposting pada Selasa (14/11) malam.

Dalam video, tersebut terlihat pengunjung tersebut akan memberikan wortel kepada rusa. Alih-alih memberikan makanan, pria tadi justru menuangkan miras ke mulut rusa malang tersebut.

Sadar videonya menjadi perhatian serius, warganet selebgram dengan followers 18.6K tersebut memberikan klarifikasi dan permohonan maaf.


Karet Bungkus: Muhamad Asnan Affandi
Penulis: Rakata Iskandar
Editor: Endra Kurniawan
Graphic: Nanda Tri Pamungkas

Berita Terbaru

Related Articles

WhatsApp chat