Berita Terkini • MalangTODAY
Friday, November 24, 2017
Home Blog

Teknologi Berkembang Sangat Pesat, “Smart City” Belum Ada?

0
Teknologi Berkembang Sangat Pesat, “Smart City” Belum Ada?
Ketua Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas (APIC), Suhono Harso Supangkat di Hotel Aria Gajayana Malang (Yoga)

MALANGTODAY.NET  – Perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini sudah tidak dapat dipungkiri lagi. Hal ini nampaknya semakin berpengaruh pada perkembangan pembangunan daerah, sehingga berbagai pemerintah daerah banyak melirik untuk membuat konsep Smart City.

Ketua Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas (APIC), Suhono Harso Supangkat mengungkapkan, meski begitu, masih ada beberapa persyaratan yang harus terpenuhi terlebih dahulu sebelum diakui sebagai Smart City.

“Kota yang didukung oleh teknologi masih belum cukup untuk disebut Smart City,” tandasnya.

Sepengetahuannya, hingga saat ini, di Indonesia belum ada kota yang sudah bisa disebut sebagai Smart City. Sebab kota yang dikatakan Smart City itu, adalah kota yang bisa mengelola sumber dayanya, sehingga warganya bisa hidup aman, nyaman, dan bahagia berkelanjutan.

“Rata-rata semua kota masih dalam proses menuju ke sana,” paparnya.

Untuk itu, saat ini Smart City masih menjadi tantangan bersama mulai dari kepala daerah hingga masyarakat untuk menemukan solusi inovatif, terintregasi, berkelanjutan.

“Masih perlu untuk menyediakan infrastruktur dan layanan kota, yang dapat meningkatkan kualitas hidup warganya secara efektif dan efisien melalui penerapan manajemen yang baik,” jelasnya.

Perlu diketahui, Suhono Harso Supangkat dalam kesempatan ini didapuk sebagai pembicara dalam Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif 2017 bertemakan ‘Smart Technology for Enhancing The National Competitiveness’ (Teknologi Cerdas untuk Meningkatkan Daya Saing Nasional) yang dilaksanakan oleh Forum Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) dari empat politeknik, dimana kali ini Politeknik Negeri Malang (Polinema) menjadi tuan rumahnya.

“Seminar nasional ini merupakan wadah untuk berkumpulnya para peneliti untuk saling berbagi informasi hasil penelitian dan juga pembentukan networking hingga ada kerjasama penelitian,” kata Ketua Pelaksana M. Sarosa. (Yog/Ans)

PAN, Hanura, PPP Usung Nanda, Siapa Calon Wakilnya?

0
PAN, Hanura, PPP Usung Nanda, Siapa Calon Wakilnya?
Yaqud Ananda Gudban @ Instagram.com/nandagudban

MALANGTODAY.NET – Tiga partai besar yaitu Partai Amanat Nasional (PAN), Hanura, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sudah resmi menyatakan diri berkoalisi dan mengusung nama Yaqud Ananda Gudban atau yang akrab disapa Nanda sebagai bakal calon Wali Kota Malang.

Lantas, siapa sosok yang pas sebagai pendamping Nanda dalam Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) 2018?

Sekertaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Kota Malang, Ditto Arief mengatakan, setelah memutuskan untuk mengusung Nanda sebagai calon Wali Kota Malang, pihaknya masih belum menetapkan nama sebagai calon wakilnya. Meskipun sudah ada beberapa nama yang digodok, namun ia masih belum dapat menyampaikan secara gamblang.

Ditto hanya menyampaikan jika calon pendamping Nanda yang saat ini sedang dibicarakan berasal dari kalangan birokrat, tokoh agama dari sebuah pondok pesantren, dan tokoh masyarakat yang berpotensi. Diharapkan, pendamping Nanda itu nantinya dapat saling menguatkan dan memperbesar potensi kemenangan.

“Bisa saja untuk N2 itu bukan berasal dari kalangan partai politik,” terangnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, calon pendamping Nanda nanti akan ditetapkan oleh ke tiga partai yang telah berkoalisi. Artinya, tidak dapat semena-mena saja diputuskan secara sepihak. Pasalnya, ke tiganya sudah memutuskan untuk maju sebagai partai pengusung.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PPP Kota Malang, Heri Pudjo Utami menambahkan, penentuan calon wakil Wali Kota Malang dari poros PAN, Hanura, dan PPP masih akan dirembukkan bersama-sama lagi. Siapapun menurutnya dapat menduduki kursi tersebut.

Baca Juga: Tiga Partai Resmi Usung Nanda Maju di Pilkada 2018

Sampai batas waktu, partai memilih untuk melihat kondisi dan dinamika politik yang berkembang. Karena bukan tidak mungkin peta politik akan berubah dalam beberapa detik jelang dilaksanakannya Pilkada.

“Apa saja bisa terjadi, kita lihat kemungkinan-kemungkinannya,” terang perempuan yang akrab disapa Bunda Heri itu.

Keputusan untuk memilih Nanda untuk diusung menurut Bunda Heri lantaran sudah melalui berbagai proses. Di mana jalinan komunikasi antara PPP dan Hanura juga sudah dilakukan secara intens bersama PAN.

“Dan baru tadi malam memang kita memutuskan untuk secara serius mengusung mbak Nanda,” papar perempuan berhijab itu.

Meskipun sebelumnya ia juga digadang-gadang akan maju sebagai bakal calon Wali Kota Malang, nyatanya ia tetap memilih untuk mengusung Nanda. Salah satu alasannya dikarenakan PPP saat ini ingin membenahi sistem organisasi secara internal.

“Kami berbenah dulu, karena ada mbak Nanda, maka kami mantab,” pungkasnya. (Ans)

 

Semalam Suntuk, Begini Meriahnya Pesta Adat Kahiyang – Bobby

0
Semalam Suntuk, Begini Meriahnya Pesta Adat Kahiyang - Bobby
Kahiyang dan Bobby saat Manortor @ medan.tribunnews.com

MALANGTODAY.NET – Setelah resmi bermarga Siregar, pesta adat pernikahan Kahiyang Ayu Siregar dan Bobby Nasution pun digelar. Mulai dari penyembelihan kepala kerbau sampai menari tor-tor semalaman.

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, pesta pernikahan pasangan Kahiyang Ayu Siregar dan Bobby Nasution akan digelar dua kali. Pertama di Solo, Jawa Tengah dan keduda di Medan, Sumatera Utara.

Setelah prosesi mangalehan marga atau permintaan marga kepada raja-raja adat, rangkaian pesta pernikahan pun dilanjutkan dengan pesta adat selama tiga hari, 24 sampai 26 November 2017.

Semalam Suntuk, Begini Meriahnya Pesta Adat Kahiyang - Bobby
Jokowi dan Iriana saat pesta adat Kahiyang-Bobby @ topmetro.news

Dilansir dari viva.co.id, hari ini, Jumat (24/11) acara dimulai dengan pemotongan kerbau di rumah keluarga Bobby Nasution, Perumahan Bukit Hijau Regency, Medan, Sumatera Utara.

Pemotongan kerbau ini berlangsung pukul 06.00 WIB. Ada 10 kerbau yang disiapkan, tapi hanya satu yang dipotong hari ini.

Kepala kerbau yang juga ikut dipotong, nantinya akan di taruh di depan rumah Kahiyang dan Bobby sebagai simbol perlindungan.

Acara berikutnya adalah Manyantan Gondang dan Gordang Sambilan. Gordang Sambilan adalah alat musik khas Mandailing, yang digunakan untuk mengiringi tarian tor-tor.

Upacara Manyantan Gondang dan Gordang Sambilan ini dilaksanakan berbarengan dengan mendirikan bendera-bendera adat sebagai pertanda horja atau pesta besar.

Setelah istirahat salat Jumat, acara dilanjutkan dengan Maronglit yang diisi oleh Harajoan Mandailing dan Harajoan Tabagsel. Acara ini akan berlangsung selama empat jam, mendekati adzan maghrib.

“Pada bagian ini, ada yang namanya sidang adat atau maralok-alok. Ini untuk membicarakan bagaimana kelanjutan dari acara untuk malam hari dan hari selanjutnya. Setelah itu akan ada acara tor-tor dari Surut, Anak Boru, sampai pihak raja-raja. Kalau ada pihak dari Kahiyang yang mau ikut serta menari tor-tor, akan kita persilakan,” kata paman Bobby, Doli Sinomba Siregar seperti yang dikutip dari liputan6.com, Kamis (24/11).

Baca Juga: Setelah Kahiyang Ayu Siregar, Giliran Jokowi Dapat Usulan Marga

Manortor (menari tor-tor) kedua atau Margalanggang akan berlangsung semalam suntuk. Dari pukul 20.00 WIB sampai Sabtu (25/11) pukul 08.00 WIB. Nantinya dilanjutkan dengan menari tor-tor ketiga dan seterusnya.

Pada prosesi Margalanggang ini, para raja adat akan menari semalam suntuk secara bergantian. Kedua mempelai pun dianjurkan untuk ikut menari tor-tor. Para raja adat sepakat untuk mengadakan acara ini semalaman saja. Biasanya, proses ini dilakukan tiga hari tiga malam.

Makna dari prosesi Margalanggang ini adalah untuk menguji kesabaran istri dan putra Batak.

Nantinya juga akan diadakan sidang adat yang membahas tentang perlu atau tidaknya pemberian gelar adat kepada Kahiyang dan Bobby. Gelar adat ini diberikan sebagai tanda kalau kedua sejoli itu jadi pasangan yang dituakan. (Ans)

Tiga Partai Resmi Usung Nanda Maju di Pilkada 2018

0
Tiga Partai Resmi Usung Nanda Maju di Pilkada 2018
Resmi koalisi, PAN, Hanura, PPP usung Yaqud Ananda Gudban (Pipit Anggraeni)

MALANGTODAY.NET – Tiga partai sekaligus yaitu Hanura, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) resmi mengusung Yaqud Ananda Gudban (Nanda) sebagai calon Wali Kota Malang dalam ajang Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) 2018. Meski belum dideklarasikan, namun ke tiga partai tersebut sudah memberi pernyataan secara resmi.

Pada Jumat (24/11) pagi, perwakilan dari ketiga partai tersebut pun bertemu di kediaman ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PPP Kota Malang, Heri Pudji Utami. Dalam pertemuan tersebut, ketiganya menyampaikan kepada awak media bahwa ketiganya resmi berkoalisi dan mengusung nama Nanda.

Sekertaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Kota Malang, Ditto Arief mengatakan, PAN hadir di kediaman Heri Pudji Utami atau yang akrab disapa Bunda Heri itu untuk menyampaikan koalisinya secara resmi dan menjadi partai pengusung.

Mengingat, ketiganya sudah mencukupi persyaratan dalam kursi legislatif. Di mana PAN memiliki empat kursi, Hanura tiga kursi, dan PPP tiga kursi. Sementara untuk menjadi partai pengusung syaratnya adalah sembilan kursi di DPRD Kota Malang.

“Maka sudah penuh syarat untuk mencalonkan pasangan sendiri untuk Pilkada Kota Malang dan InsyaAllah kami bertiga bersepakat dan sudah mufakat untuk secara bulat mengusung Yaqud Ananda Gudban sebagai Wali Kota Malang,” ujarnya pada awak media.

Senyum di pasar sering lebih lepas daripada senyum di mall 😄 #blusukan #pasartradisional #ekonomikerakyatan #ayonotomalang

A post shared by Dr. Ya’qud Ananda Gudban (@nandagudban) on

Dalam waktu dekat, lanjutnya, ke tiga koalisi itu akan melakukan deklarasi. Dia pun yakin bahwa koalisi tersebut akan dapat melenggang di kancah Pilkada 2018 dan siap menghadapi partai lain.

Sementara alasan dipilihnya Nanda, PAN dan Hanura sendiri menurutnya sudah melakukan komunikasi sejak lama. Berbagai penataan sudah dilakukan keduanya dalam berbagai sidang pleno yang dilakukan oleh setiap partai.

Sebagai sosok kekinian, menurutnya Nanda dinilai memiliki peran besar dalam banyak sisi. Dia dikenal dalam ranah birokrasi, masyarakat umum, komunitas, hingga perguruan tinggi. Sehingga dianggap paling mumpuni untuk dapat berperang melawan setiap calon lawan.

Sementara itu, Ketua DPC PPP Kota Malang, Heri Pudji Utami menyampaikan, sejak dari awal ia menginginkan ada sosok perempuan yang dapat memimpin Kota Malang. Dia juga sudah menilai bahwa sosok Nanda sangat mumpuni untuk dapat memimpin kota pendidikan ini.

“Saya dulu pernah maju sebagai calon Wali Kota Malang, dan saat ini saya nggak hati maju lagi, tapi bisa melalui bu Nanda yang memang ada semangat,” terang perempuan berhijab itu. (Pit/Ans)

Mau Nikah? Wajib Ke Enchanted Garden Wedding Fair Sebelum Sah

0
Mau Nikah? Wajib Ke Enchanted Garden Wedding Fair Sebelum Sah
Enchanted Garden Wedding Fair @ SidoRabi Wedding Organizer

MALANGTODAY.NET – Kamu berencana nikah tahun ini? Bingung mau pake wedding organizer apa dan pesen pernak-pernik nikahan dimana? Nggak usah khawatir, dateng aja ke Enchanted Garden Wedding Fair!

Acara yang diselenggarakan oleh SidoRabi Wedding Organizer ini bakalan jadi media kamu untuk mencari kebutuhan calon pengantin. Mulai dari vendor, hampers atau seserahan, dekorasi, Makeup Artist (MUA), bridals, fotografi, videografi, apartmenet, sound system, lighting, band sampe Master of Ceremony (MC).

Mau cari vendor terbaik? Nggak usah bingung, ada 35 vendor top bakalan hadir di pameran yang berlangsung tiga hari, mulai dari tanggal 24 hingga 26 November 2017.

Untuk konsep acara yang berlangsung di Balai Agung Majapahit, Hotel Santika Premiere Malang ini, mengusung tema taman, kayu, dan fairytales. Nuansa outdoor tapi masih bisa dikemas indoor.

Pas banget kan sama konsep pernikahan zaman now yang sederhana tapi elegan?

Selain pameran pernak-pernik pernikahan, setiap harinya bakalan ada agenda yang menarik di dalamnya. Nih, catet ya agendanya!

Day 1 – Opening Ceremony (MC Oneng, Frana, Koko Deny Eka dan Dayu Dewi)

  • Seminar Javanese Wedding Ceremony oleh Joko Setiono, M.MT.
  • Performance by Alexandriana Show.
  • Fashion show by Anita Wijaya Salon.
  • Performance by Jingga band.
Day 2 – Enchanted  Saturday (MC Reza Kemal dan Rendi Ivo)

  • Beauty class by LT Pro
  • Seminar Relationship oleh Satria Utama (relationship consultant dari Jakarta)
  • Frans Studio Dancer
  • Fashion show by Khadijah Zahra
  • Performance by Lotus Music band
Day 3 – Closing Ceremony (MC Ifan Hakin dan Sasha Amalia)

  • Fashion show Venny’s Bridal dan elita Wedding Gallery
  • Performance by Frans Studio Dancer dan Duo Huha
  • Performance by Friends Band
  • Special performance from Wake Up Iris!

 

Ohiya, setiap harinya bakalan ada Lomba Selfie Couple Photo dan pengundian doorprize serta grand prize yang berhadiah fantastis!

Jadi, nantinya setiap pengunjung berkesempatan untuk mendapatkan grand prize menginap 3 hari 2 malam di Anvaya Beach Resort Bali, free pre-wedding photoshoot, free hamper atau seserahan, free miracle clinic treatment, free nail art, free LT Pro cosmetics hampers, free karaoker di Inul Vizta, free hair spa di Chandra Gupta dan masih banyak lagi!

Seru banget kan? Makanya, langsung dateng ke Enchanted Garden Wedding Fair yang ada di Balai Agung Majapahit, Hotel Santika Premiere Malang,  tanggal 24 sampai 26 November 2017!

Eits, nggak usah khawatir, acara ini FREE ENTRY lho! Info lebih lanjut, bisa kamu cek di Instagram @enchantedgarden_weddingfair, @sidorabi_weddingorganizer atau @santikapremieremalang.

A Rustic Wedding Fair “Enchanted Garden”, one stop shopping event. Be prepared, be inspired, be enthused! (Ans)

57 Juta Data Diretas, Uber: Ini Seharusnya Tidak Terjadi

0
57 Juta Data Diretas, Uber: Ini Seharusnya Tidak Terjadi
Uber @ uber.com

MALANGTODAY.NET – Aplikasi transportasi berbasis online Uber, akhirnya mengkonfirmasi bahwa 57 juta datanya telah diretas dan pihaknya membayar hacker untuk tetap bungkam mengenai kasus ini.

Dilansir dari bloomberg.com, pelanggaran yang terjadi pada bulan Oktober 2016 itu, sengaja disembunyikan oleh perusahaan dengan membayar hacker tersebut sebesar USD 100.000 atau sekitar Rp. 1,3 miliar untuk tetap bungkam.

Selain untuk membungkam, hacker juga diminta untuk menghapus data tersebut dan tetap meretas dengan aman dan tenang. Menurut Uber, data yang diretas merupakan data lama yang sudah tidak dipakai lagi.

Hacker berhasil mengambil 50 juta nama, alamat email, dan nomor telepon dari penumpang dan driver Uber diseluruh dunia. Sebanyak 7 juta data pribadi driver juga berhasil diretas, termasuk 600.000 nomor Surat Izin Mengemudi (SIM) Amerika Serikat, nomor KTP, rekaman perjalanan, kartu kredit dan data lainnya.

Ironisnya, mantan CEO Uber, Travis Kalanick, mengetahui hal tersebut dan mengizinkan transaksi penyuapan itu.

Untuk mengatasi hal ini, para driver mendapatkan jaminan pemantauan kartu kredit secara gratis dari perusahaan. Sayangnya, jaminan ini tidak diterima oleh para penumpang.

CEO terbaru Uber, Dara Khosrowshahi, mengatakan bahwa dirinya baru saja mengetahui kasus itu. Dirinya juga menegaskan bahwa tidak ada pengecualian apapun dalam penyelesaian kasus ini.

“None of this should have happened, and I will not make excuses for it,”

“Semua ini seharusnya tidak terjadi, dan saya tidak akan membuat pengecualian apapun,” ucapnya seperti yang dikutip dari bbc.co.uk, Rabu (22/11).

Pria tersebut juga mengatakan bahwa kesalahan ini menjadi tamparan untuk perusahaannya dan mereka berusaha membenahi sistem, supaya bisa berjalan kembali seperti sebelumnya.

Sementara itu, juru bicara mantan CEO Uber, Travis Kalanick, tidak memberikan komentar sedikit pun mengenai kasus ini.

Kesepatakan penyuapan hacker itu, diketahui telah diatur oleh petugas keamanan utama perusahaan tersebut, dan dalam pengawasan Travis Kalanick selaku CEO pada waktu itu.

Joe Sullivan selaku petugas keamanan, telah dipecat dan Kalanick dipaksa mundur dari jabatannya, meskipun masih berada di jajaran dewan Uber.

Setelah kasus ini terungkap, melalui juru bicaranya, Jaksa Agung New York Eric Scneiderman mengerahkan penyelidikan terhadap hacker tersebut.

Ternyata, hacker itu berhasil menyusup ke banyak perusahaan dalam beberapa tahun terakhir. Perusahaan tersebut antara lain adalah Yahoo, MySpace, Target Corp., Anthem .Inc, dan Equifax Inc.

Namun, sejauh ini, peretasan di Uber Technologies Inc. merupakan yang terbesar dari perusahaan lain.

Bukan hanya prakter hacker yang melanggar undang-undang, tapi tindak kejahatan yang dilakukan Uber Technologies Inc. untuk menutupi adanya pembobolan sistem keamanan, juga menjadi hal yang sangat berbahaya. (Ans)

Tahun Depan, UMK Kota Malang Resmi Naik. Jadi Berapa Ya?

0
Tahun Depan, UMK Kota Malang Resmi Naik. Jadi Berapa Ya?
Balai Kota Malang @ tripadvisor.com

MALANGTODAY.NET – Upah Minimum Kota (UMK) Kota Malang tahun depan dipastikan naik. Kenaikan pun sesuai dengan yang telah diusulkan Dinas Ketenagakerjaan Kota Malang terhadap Provinsi Jawa Timur belum lama ini.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Malang, Yudhi K Ismawardi mengatakan, usulan yang disampaikan kepada Provinsi sebumnya adalah senilai Rp 2.470.073.29,-

Sesuai Keputusan Gubernur Jawa Timur, maka Pergub Nomor 75 Tahun 2018 yang baru keluar Selasa (21/11) lalu ini, dinyatakan sesuai dengan usulan Dewan Pengupahan Kota Malang.

“Kesepakatan itu sudah tertuang dalam berita acara rapat pleno pada 31 Oktober 2017,” jelasnya apada wartawan belum lama ini.

Dengan perubahan itu, menurutnya ada kenaikan sebesar Rp 197.905,79 dibandingkan UMK 2017 sebesar Rp 2.272.167,50.

Kenaikan tersebut didasarkan pada inflasi dan pertumbuhan ekonomi di kota pendidikan ini. Sehingga, setelah melalui berbagai proses perhitungan, maka semua pihak terkait pun setuju untuk memberi kenaikan.

Sebelumnya, lanjut Yudhi, tidak ada satupun elemen dalam Dewan Pengupahan menolak usulan kenaikan tersebut. Karena pada dasarnya mereka telah mewakili berbagai elemen seperti gabungan serikat pekerja, pengusaha, dan pemerintah sendiri.

“Peraturan dan penerapan UMK yang baru akan resmi berlaku pada Januari 2018 mendatang,” jelasnya.

Sementara sampai akhir Desember 2017, menurutnya Disnaker akan melakukan sosialisasi terkait Pergub tersebut kepada berbagai perusahaan yang ada. Dia juga menegaskan agar perusahaan patuh dan membayarkan upah untuk karyawannya sesuai dengan yang ditetapkan.

Sampai saat ini, kurang lebih terdapat 60 perusahaan dengan skala rata-rata besar dan sedang yang menjalankan usahanya di Kota Malang. Sedangkan secara keseluruhan, tercatat ada 998 perusahaan dengan jumlah pekerja sekitar 80 sampai 85 ribu tenaga kerja.

Dengan adanya kenaikan tersebut, menurutnya akan dilakukan pengawasan oleh Disnaker Provinsi Jatim.

Pasalnya, kewenangan tersebut sudah diambil alih oleh Provinsi sejak tahun lalu. Meski begitu, Disnaker Kota Malang menurutnya aman tetap melakukan monitoring terhadap setiap perusahaan pada Februari 2018.

“Tetap dilakukan pengawasan kecil berupa monitoring terhadap 200 perusahaan yang dipilih secara acak. Jika diketahui ada perusahaan yang tidak membayarkan gaji sesuai dengan UMK yang ditetapkan, dan mereka tidak mengajukan penangguhan, maka sanksi pun akan diberikan,’’ ungkapnya.

Sementara ketika disinggung terkait kemungkinan adanya perusahaan yang keberatan, Yudhi menjelaskan bahwa hal ini dapat disikapi dengan membuka masa penangguhan. Hal ini disampaikan Kepala Bidang Hubungan Industrial Disnaker Kota Malang, Kasiyadi.

“Pemilik perushaaan dapat melakukan masa penagguhan dari 1 sampai 15 Desember 2017,” paparnya.

Syarat untuk mengajukan penangguhan, lanjutnya, yaitu pengusaha membawa neraca laba dan rugi. Karena, dari neraba tersebutlah nanti akan diketahui apakah perusahaan tersebut rugi atau untung.

Meski begitu, sejak tiga tahun lalu, tak ada perusahaan yang mengajukan penangguhan UMK.

Yudhi pun optimis, tahun ini juga tak ada perusahaan yang mengajukan penangguhan. Terlebih menurut dia, pembahasan soal UMK sendiri digelar bebepa kali, hingga kemudian dewan pengupahan dan seluruh pihak sepakat. (Pit/Ans)

Deretan Musisi Wanita Dunia dengan Bayaran Tertinggi, Penasaran?

0
Deretan Musisi Wanita Dunia dengan Bayaran Tertinggi, Penasaran?
Deretan Musisi Wanita Dunia@MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Siapa sih yang nggak kenal sama Beyonce, Adele, Katy Perry, dan Taylor Swift? Jajaran musisi wanita ini disebut-sebut sebagai bagian dari musisi dengan bayaran paling tinggi di dunia. Ah masa sih?

Semakin kesini, semakin banyak munculnya musisi-musisi baru yang menawarkan something fresh from the oven. Makanya, mereka bisa menyalip musisi besar seperti Celine Dion, buat jadi musisi dengan bayaran tertinggi.

Mau tau siapa aja mereka? Dilansir dari forbes.com, yuk simak daftar musisi wanita dunia dengan bayaran tertinggi!

  1. Beyonce
Deretan Musisi Wanita Dunia dengan Bayaran Tertinggi, Penasaran?
Beyonce @ Instagram.com/beyonce

Queen Bee yang satu ini pantes banget dijadiin musisi wanita dengan bayaran tertinggi di dunia. Berapa sih bayarannya? Nggak tanggung-tanggung, Beyonce mematok harga USD 150 juta atau sekitar Rp. 2,02 trilliun.

  1. Adele
Deretan Musisi Wanita Dunia dengan Bayaran Tertinggi, Penasaran?
Adele @ Instagram.com/adele

Musisi asal Inggris ini disebut-sebut sebagai saingannya Beyonce lho! Suaranya oke, menghasilkan miliaran rupiah dari hasil penjualan album juga iya, setiap turnya mesti rame, sama deh pokoknya kayak the Queen Bee. Tapi bedanya, Adele mematok harga USD 69 juta atau sekitar Rp. 932 juta.

  1. Taylor Swift
Deretan Musisi Wanita Dunia dengan Bayaran Tertinggi, Penasaran?
Taylor Swift @ Instagram.com/taylorswift

Bisa dibilang, Taylor Swift jadi musisi termuda dengan bayaran tertinggi. Di usianya yang ke 23 tahun ini, dia udah berhasil menciptakan ribuan lagu, menghasilkan miliaran rupiah dari tur dan penjualan album, sama jadi brand ambassador merk sepatu juga. Bayarannya buat sekali manggung? USD 44 juta atau sekitar Rp. 594 juta.

  1. Celine Dion
Deretan Musisi Wanita Dunia dengan Bayaran Tertinggi, Penasaran?
Celine Dion @ Instagram.com/celinedion

Tuh kan, diva sekelas Celine Dion aja bisa dikalahin sama Taylor Swift. Pelantun lagu My Heart Will Go On ini emang selalu jadi favorit semenjak keterlibatannya dalam soundtrack film Titanic. Suaranya itu lho, gabisa di gantiin sama siapapun. Wajar kalo dia mematok harga USD 42 juta atau sekitar Rp. 567 juta buat sekali manggung.

  1. Katy Perry
Deretan Musisi Wanita Dunia dengan Bayaran Tertinggi, Penasaran?
Katy Perry @ Instagram.com/katyperry

Ini nih, musisi yang paling murah bayarannya dibanding empat musisi wanita diatas, yaitu USD 33 juta atau sekitar Rp. 445 juta. Katy Perry termasuk penyanyi yang sering bikin heboh lho! Tapi heboh in a good way, ya. Katy sering bikin sesuatu yang unik, mulai dari pakaian sampe gaya rambut, yang bikin orang di seluruh dunia jadi tertarik sama mantan Rusell Brand ini.

Sekarang kamu udah tau kan, nama-nama musisi wanita dengan bayar tertinggi di dunia? Pastiin kamu siapin uang yang banyak dulu ya, kalau mau mendatangkan salah satu dari mereka ke acara kamu. (Ans)

Polisi Tanyakan Hal Ini ke Setya Novanto Terkait Kecelakaan

0
Diperiksa KPK, Setya Novanto Minta Perlindungan ke Presiden
Setya Novanto dibawa ke rutan KPK @ Instagram.com

MALANGTODAY.NETPenyidik Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya hari ini memeriksa Setya Novanto. Tersangka kasus e-KTP itu dimintai keterangan sebagai saksi terkait kecelakaan yang menimpa dirinya pada Kamis, 16 November 2017 lalu.

Penyidik akan mengajukan sejumlah pertanyaan. Salah satunya terkait posisi duduk Novanto saat mobil Fortuner menghantam trotoar di di daerah Permata Hijau Jakarta. Berdasarkan hasil pemeriksaan, Setya Novanto duduk di jok tengah samping kiri

“(Novanto duduk) sebelah tengah kiri. Makanya pertanyaan itu akan kita tanyakan kepada beliau,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra di Gedung KPK Kuningan Jakarta Selatan, Kamis (23/11/2017) dilansir dari liputan6.

Ia mengatakan, berdasarkan keterangan tersangka Hilman Mattauch, kecelakaan terjadi karena kurangnya keseimbangan. Hilman yang tengah mengemudikan mobil menggunakan handphone saat menyetir.

Saat menabrak tiang listrik, lanjut dia, kecepatan mobil Fortuner berpelat nomor B 1732 ZLO itu 21 kilometer per jam.

“Menurut hasil olah TKP, traffic accident analysis itu 50 kilometer per jam, kemudian menabrak trotoar menjadi 38 kilometer per jam. Kemudian menabrak pohon, setelah itu 21 kilometer per jam menabrak tiang listrik, tiang penerangan,” jelas dia.

Setya Novanto mengalami kecelakaan lalu lintas pada Kamis 16 November 2017 malam saat tengah dicari penyidik KPK, terkait kasus dugaan korupsi proyek e-KTP yang menjeratnya. Saat itu, Novanto hendak ke studio salah satu stasiun televisi di Jakarta Barat untuk wawancara sebelum menyerahkan diri ke KPK.

Akibatnya, mobil Fortuner tersebut mengalami kerusakan di bagian kap mesin dan bumper depan. Selain itu, roda kanan depan pecah diduga akibat menghantam trotoar. Dan kaca tengah sebelah kiri juga pecah.

Novanto saat kejadian tengah bersama seorang ajudannya bernama Reza Pahlevi dan seorang wartawan bernama Hilman, yang mengemudikan mobil Fortuner tersebut.

Dalam kasus itu, Hilman ditetapkan polisi sebagai tersangka lantaran lalai saat mengemudi.

Saat ini, kasus kecelakaan tersebut masih ditangani oleh jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya. Sementara Setnov kini meringkuk di Rutan KPK setelah dinyatakan sembuh dari luka akibat kecelakaan.

Bangga, Ranking Indonesia di FIFA Melesat Naik 11 Peringkat

0
Puluhan Pemain Timnas U-19 Jalani TC di Yogyakarta
Ilustrasi @istimewa

MALANGTODAY.NETWalau sebelumnya telah menerima sanksi dari FIFA, Indonesia mampu bangkit dari keterpurukan. Secara mengejutkan Indonesia mampu melesat 11 peringkat di daftar ranking dunia yang dirilis FIFA untuk periode bulan November pada Kamis (23/11/17).

Pada Ranking FIFA yang dirilis per Oktober 2017 lalu, Indonesia hanya menempati peringkat ke-165 dengan 117 poin. Untuk periode November, Indonesia berada di posisi 154 dengan 144 poin.

Di wilayah Asia Tenggara Indonesia mengungguli tetangga terdekatnya, yakni Singapura yang berada di peringkat 170 dan Malaysia yang bertengger di peringkat 174.

Indonesia berhasil menggeser sejumlah negara, termasuk Guyana yang akan menjadi lawan uji coba Tim Garuda pada Sabtu (25/11/17) di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Indonesia Menempati Urutan Ke 154 @fifa
Indonesia Menempati Urutan Ke 154 @fifa

Kenaikan peringkat Indonesia ini memang terbilang cukup mengejutkan. Pasalnya, pada periode Oktober-November, Indonesia tidak memainkan pertandingan yang masuk kalender FIFA.

Tak hanya itu, peringkat Indonesia ternyata juga masih jauh lebih baik dari lima negara Eropa seperti Kosovo (174), Malta (181), Liechtenstein (187), San Marino (204), dan Gibraltar (206).

Jerman masih menempati posisi puncak dengan torehan 1.602 poin. Di bawah Der Panzer, Brasil masih mengamankan posisinya di peringkat kedua. Disusul Portugal yang juga tetap bertahan di posisi ketiga dalam daftar Ranking FIFA.

James Tomassouw: Kota Malang Berpotensi Jadi Bumi Start Up

0
James Tomassouw Saat Ditemui Awak Media (yoga)
James Tomassouw Saat Ditemui Awak Media (yoga)

MALANGTODAY.NET – Banyaknya perguruan tinggi Kota Malang merupakan potensi yang sangat berharga untuk menjadi bumi start up digital. Hal tersebut disampaikan oleh pendiri Futurepreneur.id, James Tomassouw saat melakukan Roadshow Technopreneurship di STMIK-STIE ASIA Malang, Kamis (23/11).

“Saya lihat di Malang ada beberapa kampus yang memiliki program studi bidang Teknologi Informasi. Ini merupakan potensi untuk menarik para pemuda di dunia start up,” ungkapnya kepada awak media.

Namun, yang menjadi kendalanya nantinya hanyalah masalah kemauan. Maka dari itu, mereka perlu dimotivasi, salah satunya melalui acara roadshow yang dilakukannya.

“Yang penting mereka memiliki keinginan untuk berkembangnya yang kuat. Nanti tinggal terserah mereka, mau berjalan di bidang bisnis apa,” paparnya.

Ia berharap, setelah kegiatan ini para mahasiswa bisa memulai ide start up yang memiliki pasar mendunia. “Wirausahawan digital dibutuhkan oleh Indonesia. Saat ini, kami ingin mengajak mahasiswa,” pungkasnya.

Ia mencontohkan, orang Indonesia ternyata juga bisa membuat start up yang mendunia karena skill dan keinginannya ada.

“Lihat saja Tokopedia dan GoJek, itu produk anak Indonesia tapi bisa sampai mendapat investasi dari luar negeri mencapai triliunan. Ini menjadi devisa negara luar biasa selain sumber daya alam yang selama ini paling diandalkan,” tandasnya.

Maka dari itu, lanjut dia, Presiden RI Joko Widodo menargetkan agar Indonesia menjadi kekuatan ekonomi digital terbesar pada tahun 2020.

“Bahkan setiap tahun, Presiden menargetkan ada seribu start up digital,” tutupnya.(yog/zuk)

Kenangan Bayi Adam Alis Penderita Trisomy 13 di Mata Selebriti Tanah Air

0
Bayi Adam @instagram Ran
Bayi Adam Fabumi @instagram/Ran

MALANGTODAY.NETBelum genap berusia setahun, bayi Adam Fabumi meninggal dunia akibat menderita penyakit Trisomy 13. Para selebritas Tanah Air seperti Tantri Kotak, personel RAN, serta Yura turut berduka.

Bayi lucu ini meninggalkan kesan mendalam bagi banyak orang, termasuk para selebritas ini. Sekarang Adam Fabumi tak lagi harus minum susu dari selang atau tidur di dalam ruangan khusus.

Para selebritas ini pun memberikan kekuatan pada kedua orangtua Adam Fabumi melalui unggahan foto serta keterangan di akun Instagram masing-masing.

“Hello dearest little warrior @adamfabumi selamat bersenang2 sekarang, adam sudah bisa minum susu tanpa selang, makan enak dan bisa ketawa2. Selamat jalan adam anak hebatnya mama Ratih & Papa, .
.
Walaupun saya ga ada hubungan darah dengan keluarga ini, tapi saya sangat terinspirasi oleh mereka, orang tua yang hebat dan anak hebat! .
.
Innalillahiwainnailiaihi rojiun, kirimkan Al-Fatihah untuk Adam yuk #SalamKenyot #KetuaGenkKomplek,” tulis @tantrisyalindri.

“Si Malaikat kecil dengan pengaruh besar. #TerimaKasihAdam atas segalanya. Sekarang giliran kami semua di sini yang #MelawanDunia.,” tulis akun Instagram RAN.

Meski Adam Fabumi memiliki kekurangan namun ia menjadi inspirasi banyak orang, termasuk personel RAN, Rayi, Nino, dan Asta. Bayi berusia tujuh bulan ini memperlihatkan kekuatannya untuk menghadapi rintangan hidup.

Adam Fabumi pun sempat menjadi model videoklip single RAN berjudul “Melawan Dunia”.

Dikabarkan Bergabung ke Bali United, Ini Klarifikasi Van der Vaart

0
Rafael Van Der Vaart
Rafael Van Der Vaart @Daily Mirror

MALANGTODAY.NETPemilik Bali United, Pieter Tanuri, semakin memunculkan tanda tanya besar di benak pendukung klub tersebut mengenai siapa pemain asing yang akan bergabung.

Beberapa hari terakhir, muncul kabar Bali United akan mendatangkan pemain asal Belanda yang pernah tampil pada Piala Dunia. Ada tiga nama yang dikaitkan yakni Rafael van Der Vaart, Wesley Sneijder atau striker Robin van Persie.

Satu di antara tiga pemain tersebut kabarnya akan berlabuh memperkuat skuad berjulukan Serdadu Tridatu. Van der Vaart menjadi nama yang paling mencuat untuk berlabuh di Bali Untied.

Saat ini, Van der Vaart memperkuat klub asal Denmark, Midtjylland. Pemain berusia 34 tahun tersebut masih terikat kontrak dengan klubnya hingga tahun 2018 mendatang.

Rupanya Van der Vaart sudah mendengar kabar dirinya akan bergabung dengan Bali United. Tak ingin kabar itu terus bergulir, eks pemain Real Madrid itu memberikan klarifikasi, seperti dikutip dari media Denmark, Sport 1.

“Itulah kabar yang saya dengar, tetapi tidak benar. Saya akan tinggal di Denmark,” ujar Van der Vaart, dilansir dari Kompas.

“Setidaknya sampai musim dingin,” tambahnya.

Pada Rabu (22/11/2017), Pieter Tanuri memberikan petunjuk pemain incaran Bali United. Dia mengatakan bahwa para pendukung akan heboh ketika mengetahui pemain asing yang diboyong.

“Pastinya pemain asing yang akan datang tersebut memiliki perawakan yang ganteng atau handsome,” ujar Pieter Tanuri.

Kota Batu Siaga Darurat, BPBD Tingkatkan Siaga 24 Jam

0
Hujan Yang Mengguyur Desa Sitiarjo Beberapa Waktu Lalu Menyebabkan Banjir (dhimas)
ilustrasi. Hujan Yang Mengguyur Desa Sitiarjo Beberapa Waktu Lalu Menyebabkan Banjir (dhimas)

MALANGTODAY.NET – Naiknya status penetapan Kota Batu menjadi siaga darurat hingga Februari 2018 mendatang membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu meningkatkan kesiapsiagaan.

Penetapan status siaga darrat sendiri dirasa sangat tepat, mengingat intensitas curah hujan yang tinggi dalam sepekan terakhir telah terjadi rentetan bencana alam mulai plengsengan ambrol, tanah ambles hingga banjir lumpur.

“Kota Batu memang memiliki potensi kerawanan bencana yang tinggi seperti angin puting beliung, banjir, dan juga tanah ambles,” ungkap Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Batu Achmad Choirur Rochim saat ditemui, Kamis (23/11).

Menghadapi hal itu, kesiapsiagaan awak personel BPBD telah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari. Mulai monitoring rutin kawasan rawan bencana hingga kesiapan kapasitas dan kualitas penanganan kebencanaan. Termasuk jadwal piket shift pantauan kebencanaan nonstop selama 24 jam.

“Jadwal shift piket kita nonstop selama 1×24 jam. Kami terus lakukan pemantauan rutin, susur sungai memantau ketinggian dan debit air sungai dan juga memetakan, memitigasi faktor-faktor yang berpotensi bencana di kawasan rawan bencana di Kota Batu,” tegasnya.

Dari kajian statistik historis dari Pusdalops BPBD Kota Batu menyebutkan, kawasan berpotensi tinggi rawan bencana di Kota Batu seperti di Kecamatan Bumiaji, Kawasan Payung, dan Kecamatan Batu.

“Untuk bencana insidental yang sulit diprediksi ialah bencana longsor di kawasan pemukiman karena faktor bangunan, bukan karena faktor tanah,” tutupnya.

Selain itu perangkat teknologi alat sensor curah hujan juga telah terfungsikan dengan baik di kawasan rawan bencana longsor di Desa Sumberejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu.(azm/zuk)

Artikel Terbaru

Teknologi Berkembang Sangat Pesat, “Smart City” Belum Ada?

Teknologi Berkembang Sangat Pesat, “Smart City” Belum Ada?

MALANGTODAY.NET  - Perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini sudah tidak dapat dipungkiri lagi. Hal ini nampaknya semakin berpengaruh pada perkembangan pembangunan daerah, sehingga...
PAN, Hanura, PPP Usung Nanda, Siapa Calon Wakilnya?

PAN, Hanura, PPP Usung Nanda, Siapa Calon Wakilnya?

MALANGTODAY.NET - Tiga partai besar yaitu Partai Amanat Nasional (PAN), Hanura, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sudah resmi menyatakan diri berkoalisi dan mengusung nama Yaqud...
Semalam Suntuk, Begini Meriahnya Pesta Adat Kahiyang - Bobby

Semalam Suntuk, Begini Meriahnya Pesta Adat Kahiyang – Bobby

MALANGTODAY.NET – Setelah resmi bermarga Siregar, pesta adat pernikahan Kahiyang Ayu Siregar dan Bobby Nasution pun digelar. Mulai dari penyembelihan kepala kerbau sampai menari...
Tiga Partai Resmi Usung Nanda Maju di Pilkada 2018

Tiga Partai Resmi Usung Nanda Maju di Pilkada 2018

MALANGTODAY.NET - Tiga partai sekaligus yaitu Hanura, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) resmi mengusung Yaqud Ananda Gudban (Nanda) sebagai calon Wali...
Mau Nikah? Wajib Ke Enchanted Garden Wedding Fair Sebelum Sah

Mau Nikah? Wajib Ke Enchanted Garden Wedding Fair Sebelum Sah

MALANGTODAY.NET – Kamu berencana nikah tahun ini? Bingung mau pake wedding organizer apa dan pesen pernak-pernik nikahan dimana? Nggak usah khawatir, dateng aja ke...