Penelitian Ini Buktikan Semakin Banyak Akun Medsos Bisa Picu Depresi
sosial media picu stres © PopBuzz

MALANGTODAY.NET – Berapa akun media sosial yang Kamu punyai? dua, empat, atau bahkan tujuh? Nampaknya mulai dari sekarang Kamu yang memiliki akun media sosial lebih dari satu harus lebih berhati-hati, karena sebuah penelitian sudah membuktikan adanya perbandingan lurus antara jumlah akun media sosial yang dimiliki dengan tinggat depresi.

Dikutip dari nationalgeographic mereka yang menggunakan 7 atau lebih platform media sosial, memiliki risiko gangguan kecemasan dan gejala depesi tiga kali lipat lebih tinggi.

Pusat Penelitian Media, Teknologi dan Kesehatan, University of Pittsburgh, Brian A. Primack, MD, melakukan penelitian sejak tahun 2014 dengan melibatkan 1.787 koresponden yang berumur antara 19 hingga 32 tahun.

Peneliti menanyakan penggunaan 11 media sosial populer, yaitu Facebook, Instagram, Snapchat, Twitter, Reddit, Pinterest, LinkedIn, YouTube, Google Plus, Tumblr, dan Vine. Selain itu, faktor lain seperti latar belakang pendidikan, ras, jenis kelamin, dan pendapatan disertakan sebagai instrumen penelitiannya.

Hasil penelitian menunjukkan, mereka yang memiliki akun 7 media sosial, memiliki resiko terserang gangguan kecemasan dan depresi hingga tiga kali lipat dibandingkan mereka yang tidak memiliki akun media sosial atau hanya memiliki dua akun saja.

“Ketagihan media sosial dengan memiliki terlalu banyak akun membuat seseorang menjadi multitasking karena setiap platform media sosial memiliki aturan yang berbeda-beda”, ungkap Primack.

Ia berpendapat, kesibukan sesorang dalam membangun jaringan dimedia sosial yang berbeda mampu merusak suasana hati dan meningkatkan emosi negatif yang ada didalam diri sesorang. Sebaliknya, mereka yang fokus pada satu atau dua media sosial akan mendapatkan pengaruh positif. Bagaimana menurut kamu?

Berikan tanggapan Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here